Monday, July 25, 2016

Apa Yang Dimaksud Dengan Desain Grafis?

Apa itu desain grafis - heydesain

heydesain.com -  Belakangan ini sedang banyak perbincangan tentang desain grafis, banyak pula para desainer membuat poster atau gambar bertuliskan "Desain Grafis Bukan Desain Gratis" sebenarnya apasih itu desain grafis ? sama kah dengan web desain? atau desain desain lainnya?
baiklah, kita coba bahas tentang desain grafis menurut para ahli.

Desain Grafis menurut ahli :


  • Menurut Suyanto, desain grafis adalah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
  • Menurut danton sihombing, desain grafis memperkerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi, elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
  • Menurut Jessica Helfand, desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah di ingat.
  • Menurut Warren, desain grafis adalah suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
  • Menurut Blanchard, desain grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan
  • Menurut Hendi Hendratman, desain grafis dapat di artikan sebagai proses pemikiran yang di wujudkan dalam gambar
Dari pengertian desain grafis menurut para ahli tersebut kita dapat menyimpulkan sendiri apa itu desain grafis, lalu apakah setiap orang bisa menjadi desainer grafis ?
jawabannya adalah YA, setiap orang adalah desainer, sadar atau tidak sadar terkadang kita sering mencorat-coret buku tulis, membuat kaligrafi, memilih-milih warna untuk kamar kita dan lain-lain, itu semua adalah pekerjaan desain.

Apakah hubungan desain grafis dan seni rupa ?

Desain grafis merupakan turunan dari ilmu seni rupa, ilmu seni rupa sendiri mempunyai cabang lain yang luas seperti : seni murni, seni tekstil / mode, desain interior, desain produk dan sebagainya.

Jadi, kita semua adalah desainer! hanya yang membedakan adalah ketekunan dan keseriusan dalam mendalami bidang desain grafis itu sendiri.

This Is The Oldest Page

2 comments

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon