Saturday, December 10, 2016

Komponen Desain Grafis Yang Harus Kamu Tau

Komponen Desain Grafis Yang Harus Kamu Tau

heydesain - sebelum kita mengenal lebih jauh tentang desain grafis ada baiknya kita mengenal dahulu komponen-komponen apa saja yang harus diketahui sebagai seorang desain grafis, komponen ini sangat penting untuk kita pelajari sebelum kita mengenal yang lainnya.

Baca Juga :

Kenapa sih kita harus mempelajari komponen grafis ini ? karena kita sebagai desainer harus membuat karya yang menarik, nah sebuah karya dikatakan menarik bisa dilihat dari 2 faktor, secara fisik dan non fisik, secara fisik itu seperti warna, jenis font, ilustrasi, ukuran atau tata letak sedangkan secara non fisik seperti pesan moral yang disampaikan dalam karyanya, ide kreatifnya, kesesuaian dengan target audience, di artikel ini kita akan membahas secara fisik meliputi :

  • Garis
  • Bentuk
  • Warna
  • Ilustrasi
  • Teks
  • Ruang
Dalam pembahasan pertama ini kita akan coba membahas satu persatu daripada komponen tersebut.

1. Garis

Sebenarnya garis itu tidak pernah ada dalam dunia nyata, jika kita menganggap bahwa rambut kita adalah garis, coba kita perhatikan rambut kita dengan mikroskop, maka akan terlihat bahwa rambut kita bukanlah garis tapi terdiri dari banyak sel-sel dengan bentuk organik, garis sendiri tercipta dari adanya perbedaan warna, cahaya atau jarak, tetapi dalam desain grafis didefinisikan sebagai sekumpulan titik yang di deretkan memanjang.

Garis di software grafis biasa disebut Outline, Contour, atau Stroke, Setiap jenis garis mempunyai sifat masing-masing dan mempunyai kesannya tersendiri, seperti halnya kita melihat huruf S atau huruf Z, pasti terlihat berbeda rasanya, jika kita melihat huruf S maka terkesan lembut, halus, gemulai, dibandingkan kita melihat huruf Z, lebih tekesan tegas dan kaku


  • Jenis Garis

Orientasi :

Garis secara orientasi terdiri dari :
Garis Orientasi
Garis ini mempunyai kesna tersendiri contohnya :
Garis Horisontal : ketenangan atua hal yang tak bergerak
Garis Vertikal : stabilitas, kekuatan, kemegahan
Garis Diagonal : tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika
Garis Kurva : keanggunan, halus.

Style :
Style

Garis Continuous : kaku, keras, tajam, konsisten
Garis Dots & dash : ragu, misterius, takut, berirama
Garis Kaligrafi : alami, halus, lembut, fleksible, ramah
Garis Zigzag : kaku, tegang, kaget, panas, menakutkan
Garis expresif : spontan, segar, baru, berani.


Ujung / Cap :

Garis Ujung

2. Bentuk

bentuk biasa juga disebut shape, dihasilkan dari garis - garis yang tersusun sedimikian rupa. bentuk sendiri ada yang berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.
setiap bentuk mempunyai arti tersendiri, tergantung budaya, geografis, dll.
bentuk sendiri contohnya seperti : segitiga, persegi panjang, kubus, segi delapan, bintang, lingkaran dan lain-lain.

selain dari bentuk dasar bisa juga kita kombinasikan dengan intersection, subtraction dan lain-lain seperti halnya gambar ini

dari gambar tersebut ada 2 bentuk yaitu lingkaran dan persegi panjang, bila di intersect maka akan menjadi shape beru seperti yang ditunjukan arah panah tersebut.

3. Ilutrasi

Dalam ilustrasi ini adalah penggabungan antara garis dan shape hingga membentuk sebuah ilustrasi bisa jadi bentuk wajah, meja, komputer dan lain-lainnya, pada metoda pembuatan ilustrasi ini terbagi menjadi 2 yaitu :
- Manual : dengan menggunakan alat bantuan seperti pensil, pulpen, airbrush, kuas, cat, spidol dan lain-lainnya, dengan goresan-goresan garis hingga pada akhirnya menjadi sebuah bentuk ilustrasi baru.
- Digital : menggunakan komputer secara vector atau bitmap, camera atau gadget lainnya, format vector yang terdiri dari koordinat-koordinat, dari gabungan stroke, contour, dan lainnya hingga menjadi bentuk baru, metoda ini bagus bila untuk di cetak atau di print hingga ukuran besar.

4. Warna

Warna mempunyai karateristik yang berbeda-beda, dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif, warna mempunyai psikologi tersendiri, secara fisika warna dapat dipengaruhi oleh tekstur dan cahaya.
warna sendiri ada warna CMYK ( Cyan Magenta, Yellow dan Black ) ada juga RGB ( Red Green Blue ).

5. Tipografi / Teks

tipografi adalah seni menata dan memilih huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga pembaca akan dapat membaca semaksimal mungkin.
tipografi sendiri mempunyai kategori SerifSans Serif, script, dekoratif, monospace 
- font sans serif adalah font yang tidak memiliki kait / hook pada ujung hurufnya contohnya seperti Arial, Tahoma
- font serif adalah font yang memiliki kait / hook pada ujungnya seperti times new roman
- font script adalah huruf yang saling terkait seperti tulisan tangan contoh : brushscript, mistral dan lain-lain
- font dekoratif adalah huruf yang dibuat secara detail, kompleks dan rumit contoh augsburger 
- font monospace bentuknya sama seperti huruf sans serif atau serif tapi jarak dan ruang setiap hurufnya sama contoh courier, monotype cursive dan lain-lain.

pemilihan font sangat penting untuk menyampaikan pesan contoh apa yang kita rasakan jika melihat tulisan ini 
tipografi

apa yang kita rasakan dari kedua font diatas ? berbeda bukan ? seperti itu halnya kita harus memilih font yang tepat agar pesan yang ingin kita sampaikan benar-benar maksimal tersampaikan.

6. Ruang

Dengan adanya ruang kita dapat merasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil dan lain-lain, perasaan tersebut muncul karena ada pembanding, ukuran tersebut sifatnya relatif, misalkan saja "besar" menurut anda "besar" belum tentu yang lain beranggapan sama kan?.

ruang juga perlu sirkulasi agar kita dapat bergerak, sama halnya seperti desain grafis, kita memerlukan ruang untuk menempatkan komponen grafis seperti gambar, teks dan lain-lain tetapi jangan sampai menghabiskan ruang desain.

ruang kosong bukan berarti ruang yang tidak bermanfaat atau ruang yang harus di isi, justru ruang kosong adalah komponen desain grafis, dengan memanfaatkan ruang tersebut desain kita akan lebih mudah di cerna, terfokus. sehingga lebih komunikatif dan menarik.


nah itu adalah komponen desain grafis yang harus kamu tau nah dari penjelasan ini kamu sudah tau komponen apa saja yang diperlukan pada desain grafis bukan ? ini adalah dasar jika kita ingin belajar lebih lanjut tentang desain grafis, selamat belajar!!!


EmoticonEmoticon