Sunday, July 31, 2016

Dimana Dan Seperti Apa Peluang Kerja Desainer Grafis

Peluang Kerja Desainer Grafis - Heydesain

heydesain - sekarang sudah banyak sekali perusahaan - perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis, baik untuk media promosi mereka, untuk keperluan perusahaan mereka atau yang lain-lainnya, bagi kamu yang ingin belajar tentang dunia desain grafis, kamu perlu tau dimana saja atau seperti apa peluang kamu bekerja setelah belajar atau menempuh jenjang pendidikan didunia desain.

Baca Juga

Desainer, Visualizer atau Konseptor ?

Ketiga profesi ini berkaitan dengan ilmu desain grafis hanya berbeda pada segmentasi nya saja, untuk profesi paling awal adalah Visualizer, pekerjaannya adalah menterjemahkan sebuah konsep/ide/sketsa yang sudah ada sampai selesai agar tampil lebih menarik, biasanya orang-orang yang berkecimpung di bidang ini adalah lulusan SMK Grafis, D3, Operator Setting atau Tukang Cetak.

Tingkat selanjutnya adalah Desainer, dibidang ini kalian harus bisa memutuskan / menentukan desain agar bisa diterima target pasar yang dituju, perlu pemikiran matang, riset dan studi banding untuk menghasilkan desain yang tepat, biasanya yang berkecimpung di bidang ini mereka yang lulusan Strata 1 ( S1 ).

Yang ketiga adalah Konseptor, mereka berfikir lebih luas dan melibatkan banyak faktor seperti budaya, agama, sejarah, geografis, genetis, politis dan lain sebagainya, analisa seorang konseptor bisa menjangkau ruang dan waktu masa yang akan datang, biasanya yang bekerja pada bidang ini adalah mereka yang sudah menempuh jenjang Strata 2 ( S2 ), Strata 3 ( S3 ) atau telah berpengalaman di tingkat nasional dan internasional.

Apa Saja Lingkup Kerja Desainer Grafis?

1. In House Company,  Desainer Grafis yang berkarya bukan di perusahaan yang bergerak pada bidang jasa desain, namun desainer grafis hanya membuat karya yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut seperti company profile, kartu nama, brosur, media iklan dan lain sebagainya. Perusahaan yang membutuhkan pekerjaan seperti ini contohnya pemerintahan kota, partai, developer perumahan dan lain-lain.

2. Biro Jasa / Agency, Desainer yang bekerja pada agency ini memang diperuntukan untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan desain grafis, karya yang dibuat merupakan pesanan sesuai dengan pihak ketiga yang memintanya, disini desainer haruslah berwawasan yang luas karena akan bertemu dengan berbagai macam karakter client dengan kasus-kasus uniknya, perusahaan seperti ini contohnya : penerbit, foto studio, percetakan, rumah produksi, jasa periklanan dan lain-lain.

3. Personal, Desainer ini adalah mereka yang tidak mau gajinya ditentukan oleh atasan. melainkan dirinya yang menentukan harganya, Desainer seperti ini biasanya memilih sebagai rekanan kerja dari perusahaan tersebut dibanding menjadi karyawan diperusahaan tersebut, jika ingin seperti ini kita haruslah memiliki pengalaman dan portofolio karya terbaik kita untuk perusahaan lain mempercayai kita.

4. Pendidikan, selain dari ketiga bidang diatas kemungkinan bisa menjadi kombinasi dari ketiga bidang tersebut, yaitu menjadi pengajar/instruktur, disini desainer tidak perlu melakukan pendekatan bisnis yang diperlukan adalah ketulusan dan kasih sayang untuk menularkan ilmu-ilmu yang dimilikinya kepada siswa/anak didiknya, terkadang dalam bidang ini desainer sesekali pengerjakan proyek desain untuk tambah-tambahannya, disini pula bisa menjadi derajat yang lebih tinggi karena ilmu-ilmu yang dituangkannya kepada didikannya, tidak lupa akan ilmu-ilmunya ditambah akan dihormati dan dikenang selalu oleh rekan atau anak didiknya karena ilmu yang telah diberikannya, jika sudah banyak pengalaman dan ilmunya segeralah tuangkan ilmu tersebut kedalam buku, blog, video tutorial dan lain sebagainya, 

Mungkin hanya sampai disitu saja artikel tentang Dimana Dan Seperti Apa Peluang Kerja Desainer Grafis kita dapat menentukan sendiri ingin seperti apa kita nantinya, apa yang kita pilih nanti semoga adalah yang terbaik untuk kita dimasa yang akan datang, tentukan dari sekarang dan berusahalah mencapainya. 

2 comments

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon