Tuesday, October 18, 2016

10 Mockup Keren yang Harus Kamu Punya

Dalam membuat website, sebuah Mockup atau yang juga dikenal dengan nama Wireframe merupakan rancangan awal dari sebuah desain web yang secara manual dibuat  menggunakan software khusus pengedit gambar seperti photoshop dan lain sebagainya. Di heydesain, Anda bisa memperoleh banyak informasi terkait bagaimana cara membuat Mockup dan contoh-contohnya. Sebab situs tersebut memang sengaja dibuat secara khusus untuk membahas tentang desain grafis. 


Baca Juga

Selain menggunakan photoshop, sebenarnya mockup juga bisa dibuat menggunakan software desain grafis lain. Bahkan, adapula software yang memang sengaja dikhususkan untuk membuat Mockup seperti Mockflow, Cacoo, Mockingbird, dan lain sebagainya. Umumnya, sofware Mockup tersebut hanya bisa membuat mockup yang seadanya dan sangat sederhana sebab tools yang disediakan tidak sebanyak tools yang ada di Photoshop.  Mockup dikerjakan oleh web designer untuk kemudian nantinya diserahkan kepada seorang web programmer yang akan mengubah format mockup tersebut menjadi halaman web yang memiliki format .html. 

Aneka Jenis Mockup di Heydesain
Mockup pada intinya berfungsi sebagai suatu acuan kerja dalam pembuatan website. Hal ini dilakukan agar sang designer tidak menyimpang dari tema, konsep dan tujuan awal membuatnya. Menggunakan mockup dalam pembuatan website juga lebih terstruktur dan efektif karena saat membuatnya, designer sudah menentukan kerangka konsep websitenya terlebih dahulu. Selain berkaitan dengan dunia website, mockup juga bisa dijadikan sebagai bisnis desain grafis yang sangat menguntungkan. Pasalnya, mockup bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Situs heydesain menyediakan berbagai informasi yang berkaitan dengan desain, baik terkait turorial, berita maupun inspirasi tentang desain. Bagi Anda yang sedang mencari contoh mockup, berikut ini adalah 10 jenis mockup keren yang harus Anda miliki.

1. Mock up t shirt

Mockup T shirt heydesain

Bosan dengan tampilan desain baju yang itu-itu saja? Anda bisa mengkreasikannya dengan membuat mockup t shirt sendiri. Jika Anda kehabisan ide untuk membuat mockup, tidak perlu khawatir karena banyak situs di internet yang menyediakan beragam contoh mockup t shirt keren yang bisa membuat desain baju Anda menjadi lebih menarik. 

2. Mockup mug

Mug Mockup heydesain

Selain untuk baju, Anda juga bisa menerapkan mockup keren ini pada mug kesayangan. Mug cantik yang telah dibuat menggunakan mockup ini bisa Anda jadikan sebagai souvenir atau hadiah untuk orang tersayang.

3. Logo 

Mockup Logo heydesain

Seperti yang diketahui, logo adalah salah satu hasil dari desain grafis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang akan membuat suatu kegiatan usaha baru, logo ini bisa menjadi identitas dari kegiatan usaha tersebut. Mockup logo banyak gunakan oleh perusahaan-perusahaan dari yang kecil hingga besar.

4. Mockup stempel

Mockup Stempel heydesain

Stempel atau cap yang selama ini Anda ketahui di jual di pasaran juga dibuat menggunakan mockup. Gambar acuannya tergantung dari permintaan yang membuat stempel tersebut.


5. Mockup kartu nama

Mockup Kartu Nama Heydesain

Untuk membuat kartu nama, para designer juga memerlukan mockup agar konsep pembuatannya tidak menyimpang.

6. Mockup brosur

brosur heydesain

Mockup brosur biasanya dikombinasikan dengan banyak informasi terkait dengan tujuan pembuatan brosur tersebut. Membuat brosur menggunakan mockup ini akan membuat brosur Anda terlihat keren.


7. Mockup cover buku

mockup buku

Cover buku yang dibuat dengan mockup juga akan terlihat semakin cantik. Tak heran jika hampir semua jenis buku menggunakan mockup untuk covernya.

8. Mockup wearpack CD

wearpack CD

Jika Anda perhatikan, wearpack CD juga menggunakan desain bukan? Nah, desain tersebut pada umumnya juga dibuat menggunakan mockup agar bisa sesuai dengan isi yang ada di dalam CD.

9. Mockup UI smartphone

iphone mockup

Mockup juga bisa digunakan untuk membuat UI smartphone agar terlihat lebih menarik. Jangan heran jika tampilan IU smartphone Anda begitu keren dan memukau.

10. Mockup web

Web Mockup

Dalam membuat tampilan website agar lebih menarik, dibutuhkan mockup web yang benar-benar keren dan juga sesuai dengan konsep website tersebut. Seperti halnya heydesain yang menyediakan informasi mengenai desain dengan tampilan yang juga khas ala designer.


EmoticonEmoticon