Saturday, October 8, 2016

Langkah Awal Membangun Bisnis Desain Untuk Para Pemula

Langkah Awal Membangun Bisnis Desain Untuk Para Pemula

heydesain - Seperti yang diketahui, dunia desain sekarang ini adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Hampir semua semua perusahaan dan kegiatan usaha membutuhkan jasa desain untuk memperkenalkan produknya. Bahkan, tak sedikit situs yang menyediakan informasi khusus yang membahas terkait desain salah satunya adalah heydesain. Banyak perusahaan yang memerlukan jasa desain grafis sebagai salah satu media promosi, ataupun keperluan perusahaan lainnya. Oleh karenanya, Anda yang memang sejak awal sudah menempuh pendidikan di bidang desain setidaknya bisa merasa lega. Sebab selain diperlukan oleh hampir semua pelaku usaha, banyak masyarakat umum yang juga membutuhkan jasa desain ini.

Baca Juga

Belajar Bisnis Desain di Heydesain

Sama halnya seperti memulai usaha lain, dalam bisnis desain grafis ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengawalinya. Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan untuk komunikasi adalah seni yang berkaitan dengan gambar, ruang dan tulisan. Zaman yang serba didukung dengan teknologi digital ini membuat jasa desain grafis dari waktu ke waktu semakin berkembang pesat.  Sekarang ini tak sedikit pula para remaja yang antusias menjadi desainer digital yang karya-karyanya dijual dengan harga tinggi. Berikut ini adalah langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha jasa desain grafis.

1. Belajar

Tidak ada kata terlambat untuk belajar bukan? Nah sama halnya dengan mempelajari seni grafis. Tahukah Anda bahwa tak sedikit desainer Indonesia yang bahkan tidak secara khusus mempelajari seni ini di bangku sekolah atau perkuliahan. Banyak diantara mereka yang belajar secara otodidak mulai dari membaca buku, ikut pelatihan, belajar dengan orang yang berpengalaman dan lain sebagainya. Mulai dari hobi mendesain, karya yang dibuat kini bisa menghasilkan uang. 

Untuk Anda para pemula yang tidak hendak memulai bisnis di bidang ini, maka segeralah mulai belajar desain grafis mulai dari sekarang mulai dari belajar Adobe Photoshop,  Corel Draw dan aplikasi desain lainnya. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengikuti pelatihan, maka melihat tutorialnya di heydesain bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik. Di situs tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai macam informasi terkait desain secara up to date. Tak hanya itu, ada banyak tutorial, cara, tips dan trik dalam membuat desain grafis yang menarik dan keren.

2. Pemasaran

Tak jauh berbeda dengan jenis usaha lainnya, bisnis desain ini juga membutuhkan pemasaran yang bagus agar bisa berhasil. Pertama, buatlah website yang di dalamnya berisi tentang jasa yang Anda tawarkan sebagai desainer grafis. Misalnya saja Anda menyediakan layanan pembuatan logo, brosur, pamflet, dan lain sebagainya maka berikan informasi secara terperinci dan juga jelas agar pelanggan tertarik dengan jasa yang ditawarkan. Agar lebih dipercaya calon pelanggan, ada baiknya jika Anda menggunakan website dengan domain sendiri. Untuk menarik calon pelanggan, Anda bisa memposting segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis seperti software desain grafis, cara membuat desain, informasi kuliah desain grafis, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencantumkan portfolio Anda.

3. Perluas koneksi

Langkah selanjutnya adalah memperluas jaringan koneksi Anda kepada pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan diskon kepada organisasi atau masyarakat yang menggunakan jasa desain Anda dengan jumlah yang banyak. Syaratnya, nama jasa layanan desain Anda dimasukkan sebagai salah satu sponsor di acara yang diadakan tersebut. Dengan begitu, jasa desain Anda akan semakin dikenal banyak orang. 

Selain membuka usaha jasa desain grafis, Anda juga bisa menjadi freelance desain grafis untuk mengembangkan kemampuan dan menghasilkan uang. Dan tentunya, dengan Anda mengunjungi situs heydesain maka kemahiran dan pengetahuan Anda dalam seni desain akan semakin meningkat. 


EmoticonEmoticon