Saturday, October 8, 2016

Pengertian User Interface Dan User Experience Secara Umum

Pengertian User Interface Dan User Experience Secara Umum


heydesain - Bagi Anda yang berkecimpung di dunia desain grafis tentu mengenal apa yang dimaksud dengan User Interface dan juga User Experience. Salah satu situs yang menyediakan informasi dan tutorial terkait dengan desain grafis, desain web dan lain sebagainya yang berkaitan dengan desain adalah Heydesain. Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali  software berlisensi opensource atau gratis yang memudahkan untuk siapa saja mendesain banyak produk sendiri. Opensource merupakan  istilah untuk menunjukkan bahwa perangkat lunak tersebut dapat dikembangkan atau diperbaiki sesuai dengan kebutuhan penggunanya.



Baca Juga


Heydesain, Apa yang Dimaksud dengan UX/UI Design?

Salah satu sotware yang sudah Opensource adalah software desain grafis. Adanya software yang harus menggunakan lisensi memang sangat merepotkan desainer. Tak heran jika sekarang marak  software opensource desain grafis yang memungkinkan Anda untuk mendesain tanpa harus membayar lisensinya. Beberapa waktu ini, dunia desain tentu dihebohkan dengan desain web yakni User Experience Designer (UX Designer) dan User Interface (UI Designer). Melihat fenomena ini, banyak desainer yang berpendapat bahwa UI dan UX Designer memang harus benar-benar diperhatikan dalam pembuatan website. Pasalnya, konsumen web atau aplikasi yang menjadi faktor keberhasilan suatu website adalah pengguna internet. Dari sisi web, user experience artinya adalah pengalaman yang akan dirasakan dari sisi pengguna ketika berinteraksi antar muka (interface) dengan website yang diakses.

Dalam interaksi tersebut, pengguna akan menyebabkan perasaan senang berkat kemudahan yang diberikan website tersebut. Selain itu, akan muncul pula perasaan puas karena aplikasi atau software dapat memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dialami pengguna. Misalnya saja saat Anda sedang kebingungan dengan resep memasak maka solusi alternatif yang bisa dilakukan adalah mencari informasi terkait resep masak tersebut di mesin pencari. Setelahnya, Anda akan diarahkan pada website yang menyediakan informasi mengenai resep masak yang dicari.

Nah, disinilah akan terlihat kepuasan Anda sebagai pengguna saat menemukan solusi dari permasalahan yang dialami. Pada intinya, UX Design berfungsi untuk memaksimalkan perasaan positif dari para pengguna ketika  berinteraksi dengan website atau aplikasi tersebut. Sebagai salah satu situs desain berkualitas, Anda bisa melihat berbagai informasi dan tutorial desain grafis di heydesain. Pada blog tersebut Anda akan beri informasi terkait bagaimana cara membuat  website yang user friendly.

Sementara user interface (UI Designer) adalah salah satu yang masih berkaitan dengan UX designer. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa UI Designer berhubungan dengan UX Designer? Keterkaitan tersebut dikarenakan pengguna berinteraksi secara langsung dengan UI. Setelah adanya interaksi tersebut, pengguna akan mendapatkan pengalaman atau experience. Melihat hal tersebut, jangan heran jika banyak user experience professional yang menjadikan dirinya sebagai seorang UI/UX designer. Berkaitan dengan user experience apa yang diinginkan, selanjutnya UX designer sendiri yang akan mengatur dan menentukan user interface seperti apa yang akan digunakan. Misalnya saja pengguna jasa ingin membuat sebuah website untuk menjual produk kecantikan yang bergaya feminim maka web designer akan menyesuaikan user interface dengan tema feminim tersebut mulai dari elemen design, aspek warna, fitur, tipografi dan lain sebagainya. Dengan begitu, pengguna akan merasa bahwa website tersebut memang sesuai dengan apa yang dicari. Di heydesain, Anda akan banyak belajar terkait bagaimana caranya membuat desain web yang baik, termasuk bisnis desain grafis.

Bagaimana? Sudahkah Anda mengerti perbedaan umum antara User Experience Designer (UX Designer) dan User Interface (UI Designer)? Sekian informasi kali ini, semoga ulasan terkait UX/UI Design dan heydesain ini bermanfaat untuk Anda.


EmoticonEmoticon