Tuesday, October 18, 2016

Cara Membuat CV yang Menarik untuk Kamu yang Ingin Melamar Pekerjaan Desain

Cara Membuat CV yang Menarik untuk Kamu yang Ingin Melamar Pekerjaan Desain

Setiap orang tentu ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan. Sama halnya jika Anda kuliah desain grafis, pastinya ingin bekerja sesuai dengan bidang yang dikuasai. Di blog heydesain, ada banyak informasi seputar desain yang bisa menambah wawasan Anda terkait bidang ini. Dengan begitu, ilmu yang Anda peroleh di bangku kuliah akan senantiasa berkembang setiap waktunya. Seperti yang diketahui, sebelum melamar pekerjaan Anda pasti diharuskan untuk membuat CV atau Curriculum Vitae terlebih dahulu. 



CV adalah cerminan dan deskripsi diri Anda yang sifatnya menjual agar pimpinan perusahaan tertarik merekrut Anda. Sesuai dengan pengertiannya, Anda harus benar-benar membuat CV  yang menarik, singkat dan juga jelas agar orang lain bisa membacanya. Tak hanya berdasarkan isinya, pihak perusahaan biasanya juga menilai CV dari tata cara penyampaian, kerapihan dan juga desain CV. Kebanyakan orang pada kenyataannya hanya fokus pada isinya yang formal, padahal membuat CV menjadi lebih menarik dari pelamar lainnya adalah hal yang sangat penting. Bayangkan, berapa banyak mahasiswa yang lulus. Tentu saja ada banyak CV yang menjadi saingan Anda dalam melamar pekerjaan. Lantas bagaimana caranya agar CV menjadi lebih keren dan menarik? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Heydesain, CV Menarik untuk Anda yang ingin Menjadi Designer 

Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan di bidang desain grafis, maka membuat CV yang kreatif dan berbeda dengan pelamar lainnya adalah hal yang penting. Dengan begitu, perusahaan tidak akan mampu menolak kemampuan Anda. Sekedar informasi, ada banyak contoh CV kreatif dan keren Desainer Grafis yang bisa Anda temukan di internet, salah satunya ada di heydesain. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa CV seorang designer grafis harus berbeda dan lebih kreatif dengan jenis pekerjaan lain? Sebab melalui CV tersebut, pihak perusahaan akan menilai bahwa diri Anda memang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, unik dan memiliki kemampuan untuk mendesain CV sendiri dengan keren.

Pimpinan suatu perusahaan tentunya tidak memiliki cukup waktu untuk melihat CV yang masuk secara keseluruhan. Mereka akan melihat dan membaca CV yang sekiranya menarik dari segi desain dan tampilan. Barulah pimpinan perusahaan tersebut akan tertarik untuk membaca isinya. CV kreatif banyak digunakan desainer Indonesia untuk mempromosikan dirinya agar menjadi pertimbangan utama para pimpinan perusahaan dalam menerima karyawannya. Berikut ini adalah cara-cara membuat CV khusus Anda yang ingin bekerja sebagai designer.

Cara pertama agar CV Anda menarik perhatian HRD adalah membuat CV yang unik dan berbeda dengan orang lain. Tahukah Anda bahwa banyak designer dunia yang membuat CV secara khusus dan total demi menarik perhatian pihak HRD.  Mengingat bahwa CV merupakan media promosi untuk seseorang melamar pekerjaan, para designer tersebut membuat CV seperti sebuah brosur, leaflet, kartu nama, dan lain sebagainya. Bahkan, adapula CV yang bisa dibentuk layaknya kardus untuk menarik perhatian pihak perusahaan. 

Bagi Anda yang pernah belajar desain grafis tentu tahu betul bahwa karya yang orisinil lebih bernilai di mata masyarakat. Tak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan designer yang memiliki kreativitas tinggi dengan karya-karya yang orisinil.

Selain itu, bagi Anda yang pernah mengikuti kursus desain grafis atau prestasi lainnya harus memasukkan informasi tersebut ke dalam CV. Hal ini bertujuan agar pihak HRD mengetahui kemampuan Anda. Jangan lupa untuk melampirkan beberapa portfolio buatan Anda sendiri.  Jika bingung bagaimana caranya belajar desain grafis, Anda bisa mengunjungi blog heydesain. Sebab di blog tersebut Anda bisa belajar seni desain secara otodidak.


EmoticonEmoticon