Saturday, October 29, 2016

5 Cara Menjawab Ocehan "Harga Teman" Yang Bisa Kamu Coba

5 Cara Menjawab Ocehan "Harga Teman" Yang Bisa Kamu Coba

heydesain - Balada ‘Harga Teman’ ini udah sering kita jumpai bukan? Bahkan mungkin kalian pernah mengalami hal yang serupa. Diminta teman untuk membantu pekerjaan mereka dengan embel-embel ‘Harga Teman’ atau diskon besar.

Baca Juga

Gak heran sih kenapa ‘Harga Teman’ ini menjadi salah satu alasan orang lain untuk meminta bantuan kepada si teman, beberapa dari mereka pasti akan menjawab dengan alasan yang sama.
Kalo sama temen pasti bisa dapet murah nih~

Sebenernya, arti kata ‘Harga Teman’ ini jauh berbeda loh dengan arti yang selama ini kita pahami. ‘Harga Teman’ justru seharusnya menjadi harga yang lebih, dibandingkan harga pada umumnya. Tentunya sebagai bentuk penghargaan atau terima kasih dari sebuah pertemanan.

Bukannya teman itu seharusnya saling mengerti dan menguntungkan? Kalo mindset ‘Harga Teman’ dibuat murah, itu sih bukan untung, yang ada malah membuat si teman jadi buntung.

Tapi, bagaimana jika si teman itu sendiri yang memberikan harga murah? Atau harga seikhlasnya? Ya, kalau begitu sih, sebagai teman harus ‘Tahu diri’. Ibaratnya diri sendiri harus tau bagaimana caranya membuat si teman tetap untung meski dengan sukarela memberikan harga yang murah.

Bisa saja yang diberi harga murah dengan senang hati mempromosikan hasil pekerjaan, memberikan informasi pada orang lain bahwa si A jago dalam hal desain atau yang lainnya, sehingga banyak orang-orang yang menggunakan jasanya dan membuat si teman memiliki penghasilan yang lebih dari biasanya.

Efek yang akan diterima bisa jadi, jasa atau karya yang dibuat tidak maksimal, karena terbayang-bayang harga teman yang jauh dari harga yang selayaknya.

Buat kalian yang ahli desain, pasti udah sering banget ya ketemu teman-teman dengan model tersebut. Tapi tenang, Hey Desain punya trik untuk kalian yang sulit menolak ‘Harga Teman’.

1. Membuat Proposal

Terkesan resmi, tapi ini salah satu cara yang oke untuk menolak ‘Harga Teman’. Kalian harus buat proposal lengkap dan langsung deh kasih ke si teman sebelum dia nyeletuk minta ‘Harga Teman’.

Bisa aja kan, kalau kalian udah membuatnya secara resmi, si temen merasa gak enak dan gak jadi minta harga murah. Tapi, pastikan kalian harus membantu mereka secara maksimal ya!

2. Bilang aja lagi banjir job

Alasan ini bisa jadi ampuh kalau kalian bisa menyampaikannya dengan baik. Misalnya, kalian bisa saja jawab, 

Wah sorry bro masih banyak pesenan orang yang belum selesai nih, mereka juga ngasih harga sampe 5 jutaan, gak enak kalo harus ditunda, next time ya!”.

Tapi, untuk trik satu ini, usahakan kalian beralasan sebelum si teman meminta harga murah. 


3. Curhat 

Hampir sama dengan trik kedua, kalau kalian udah menemukan gerak-gerik temen minta gratis, kalian bisa langsung ceritakan betapa sulitnya pekerjaan yang kalian lakukan. Buat kalian yang desain, kalian bisa aja cerita betapa sulitnya ngedesain. Seperti, jadi kurang tidur, harus cari inspirasi, belum lagi harus ngulang kalau tiba-tiba laptopnya nge-hang ditambah lagi mikirin cicilan laptop nge-hang yang belum lunas.

 Ya ceritain aja keluh kesahnya, biar mereka sadar, kalo pekerjaan yang kalian lakukan harus sesuai dengan harga yang dibayar.

4. Pembayaran client yang lamban

Hampir sama dengan trik ketiga. Kali ini kalian bisa beralasan kalau kalian lagi kantong kering. Kalian bisa ceritain banyak klien yang pembayarannya lamban, sedangkan kalian lagi butuh uang untuk melanjutkan hidup untuk beli makan dan bayar cicilan laptop.

5. Berani

Dari banyaknya trik diatas, yang penting itu kalian harus berani dan gak langsung mengiyakan permintaan harga teman. 

Beberapa trik di atas lebih identik dengan ‘curhat’, karena biar bagaimana pun, mereka yang meminta tolong adalah teman kita, dan yang namanya teman pasti suka lemah dengan keluh kesah temannya. Selamat mencoba!


FYI :Kami sekarang hadir di youtube!! bagi kalian yang ingin belajar tentang desain bisa di kunjungi dan di subscribe channel kami
MENUJU TKP>>


EmoticonEmoticon